Rumah adalah tempat tinggal dimana kita seharusnya merasa nyaman, tenang, tentram dan damai. Rumah juga merupakan aset dan investasi yang dapat diwarisan kepada anak bahkan hingga cucu. Karena itu sebelum membeli rumah sebaiknya mengetahui juga keadaan lingkungan disekitar perumahan tersebut. Tidak ada seorangpun yang menghendaki rumahnya selalu dilanda banjir setiap tahun saat musim hujan tiba. Perumahan yang secara rutin mengalami kebanjiran tahunan atau siklus banjir lima tahun bukanlah merupakan investasi yang tepat karena akan menurunkan nilai jual kembali rumah tersebut, belum lagi kerugian material akibat kerusakan barang serta kerugian waktu dan tenaga karena aktivitas kerja terhenti dan harus membersihkan rumah dari lumpur dan kotoran akibat banjir.

Pada artikel ini kami mencoba mengumpulkan daerah dan kawasan perumahan di Jakarta yang rutin terendam banjir sehingga kita dapat dengan lebih hati-hati dalam membeli rumah dilokasi lokasi yang rawan bencana banjir. Daerah yang rawan banjir atau yang langganan mengalami banjir harga jual rumah dikawasan tersebut tidak akan lebih dari 1,5 kali NJOP kecuali berhasil dijual pada orang yang tidak mengetahui bahwa kawasan tersebut rawan banjir.

Daftar Lokasi Yang Secara Rutin Mengalami Kebanjiran Di Jakarta sebagai berikut :

Jakarta Timur

Kecamatan Makasar dan Halim Perdana Kusuma
Wilayah Makasar, Jakarta Timur (Jaktim), kembali dilanda banjir. Tinggi Air ada yang lebih dari 50 cm. Di wilayah Halim Perdanakusuma, banjir terjadi seperti perumahan di Jalan Asri I dan Jalan Marga Mulya. Tinggi banjir bervariasi dan ada yang lebih dari 50 cm. Banjir juga ditemukan di Jalan Squadron, Halim Perdanakusuma, tepatnya di sekitar waduk dekat Puspomau. Banjir terjadi karena debit air di kali yang melintasi lokasi tersebut meluap.

Cipinang Melayu
Banjir di RW 04 Cipinang Melayu, Jakarta Timur kembali tergenang banjir setinggi 2 meter. “Ada kenaikan air lagi, 2 meter,” kata Ketua RW 04, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Irwan Kurniadi saat dihubungi. Banjir juga rutin menggenangi RT 13 RW 04, Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur hingga ketinggian air mencapai 1,8 meter lebih bahkan hingga bulan februari 2021 sudah mengalami 8 kali banjir sejak awal tahun. Banjir terjadi di Jalan Kamboja dan Gang Radar

Berusaha Bergembira Ditengah Banjir Cipinang Melayu Kebon Pala

Jakarta Barat

Perumahan Mutiara Kedoya Di Kembangan.
Berdasarkan informasi yang diterima banjir mulai terjadi sejak hujan deras yang mengguyur Jakarta semalam. Siang ini banjir di perumahan tersebut mencapai 1,5 meter. Beberapa ruas jalan di Kedoya, Jakbar, tergenang air dengan ketinggian bervariasi mulai dari 30-150 cm. Banjir dengan ketinggian 1,5 meter itu terjadi di dalam perumahan. Sedangkan di ruas jalan arteri banjir mencapai 50 cm hingga di ruas Jl Panjang, Kedoya Utara, Jakarta Barat didepan gerbang McDonald’s Garden sampai halte bus TransJakarta . Lalu lintas kendaraan menjadi tersendat karena adanya banjir itu.

Jakarta Selatan

Lokasi Banjir Di Kemang
Wilayah Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel) ikut terdampak banjir. Ketinggian banjir di Jalan Kemang Raya hingga mencapai 1,5 meter. Banjir ini diperkirakan muncul sejak dini hari tadi. Pasalnya, hujan lebat terus mengguyur tak hentinya sejak semalam. Terlihat juga banyak mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya. Mobil-mobil tersebut akhirnya terendam banjir. Selain itu, petugas dinas kebersihan juga bersiaga di lokasi untuk membantu proses surutnya air. Terpantau Kali Krukut sudah meluap sehingga di banjir terbilang cukup parah.

Petugas Mengevakuasi Korban Banjir Di Kemang Dengan Perahu Karet

Daerah kemang yang mengalami kebanjiran berada di sekitar Kemchick dan Kemang Square serta Kemang Utara. Banjir ini cukup tinggi dan rutin terjadi sehingga saat banjir tidak ada satupun kendaraan yang berani melintas. Perumahan mewah di Jalan Kemang Timur V juga sering menjadi langganan banjir hingga masuk kedalam rumah

Jalan Yang Terendam Air HIngga Setinggi 1,5 meter

Perumahan Pondok Jaya Mampang
Kompleks Perumahan Pondok Jaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, jadi salah satu kawasan yang tergenang banjir sangat parah dengan ketinggian air mencapai 60 sampai 150 sentimeter. Titik ini merupakan jalan Kompleks Pondok Jaya, yang juga menghubungan kawasan Mampang dan Kemang.

Perumahan Pondok Jaya Mampang Prapatan
Banjir Di Kuningan Barat Mampang Prapatan Jakarta Selatan

Lokasi Perumahan Banjir Di Kecamatan Pasar Minggu
Sejumlah titik di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan terendam banjir imbas hujan tahunan. Ketinggian air mencapai 1,5 hingga 2 meter. Berdasarkan data dari Kepala Pleton Grup C Damkar Sektor Pasar Minggu, Yusuf Setiawan ada 5 kelurahan yang terendam banjir. Kelurahan tersebut adalah Jatipadang, Pajeten Barat, Cilandak Timur, Pejaten Timur, Ragunan. “Ketinggian air rata-rata 150 cm sampai dengan 200 cm,” kata Yusuf Setiawan. “Ada yang temboknya itu jebol, makanya arus airnya agak kencang juga masuk ke pemukiman warga, itu adanya di RT 6 RW 3 Kelurahan Jatipadang.

Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa Melanda Jati Padang

Berikut data RW yang terendam banjir Di Kecamatan Pasar Minggu:

  • Jatipadang RW 02, 03, 04, 05, 06, 08
  • Pejaten Barat RW 05, 07, 08
  • Cilandak Timur RW 01 dan RW 03
  • Pejaten Timur RW 08, 05, 06
  • Ragunan RW 05,03

“Banjir ini bukan hanya Jatipadang aja hampir semua kelurahan Pasar Minggu ini” lanjut Yusuf Setiawan “Untuk sementara dari Damkar Pasar Minggu kita ada 4 lokasi. Yang pertama Jalan Al Hidayah RW 7 Kelurahan Pejaten Barat. Jalan Pejaten Barat 2 RW 8, Kelurahan Pejaten Barat. Gang Buntu RW 8 Kelurahan Pejaten Timur. Terus RW 3 Kelurahan Jatipadang tanggul jebol,” katanya. Jalan Syaridin Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan direndam banjir. Banjir setinggi 1,5 meter.

Tanah Kusir
Warga di perumahan sekitar area tanah kusir tepatnya di Jalan Delman Elok VI, RT 04/011 juga turut mengalami kebanjiran karena menjelang subuh air semakin meninggi. Ujang beserta keluarga langsung mengevakuasi barang-barang penting terutama elektronik. Hujan yang tak kunjung henti hingga pagi hari membuat debit air belum juga surut. Banjir yang merendam area ini sedalam satu meter lebih setidaknya telah secara rutin merendam 50 rumah dikawasan ini

Pasar Cipulir
Area pertokoan lantai dasar Pasar Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, terendam banjir kembali pada musim hujan tahun ini. Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak area dasar Pasar Cipulir yang menjual pakaian tergenang banjir setinggi pinggang orang dewasa. Beberapa pedagang terlihat hilir mudik sibuk berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. Listrik diarea telah dimatikan sejak tengah malam sehingga suasana terlihat gelap. Banjir hanya melanda area dasar namun listrik dimatikan diseluruh area.

Pasar Cipulir Tampak Terendam Banjir Tahunan

Tangerang

Duren Village Tangerang
Duren Village merupakan kompleks hunian yang terdapat di Jl. Duren Village, Ciledug, Tangerang, Banten. Kawasan perumahan dengan kisaran harga 1 milyaran ini tidak luput dari banjir dengan ketinggian hingga 1 meter. Daerah ini terkena dampak banjir cukup parah hingga evakuasinya melibatkan personal TNI dengan perahu karet untuk menyelamatkan warga yang terjebak dalam banjir.

Banjir Tahunan Yang Melanda Komplek Perumahan Duren Village

Perumahan Ciledug Indah
Hujan deras menyebabkan kali Angke meluap dan mengenangi perumahan Ciledug Indah yang di Jalan Hasyim Ashari Tangerang dan berada disebelah aliran kali Angke. Banyak rumah warga yang hanya terlihat atapnya saja.

Banjir Yang Melanda Perumahan Ciledug Indah Tangerang

Bekasi

Perumahan Pondok Gede Permai
Perumahan Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jatiasih, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, terendam banjir dengan ketinggian hingga 1 meter dan arus yang deras. Banjir di Pondok Gede Permai ini terjadi lantaran jebolnya tanggul Kali Bekasi yang merupakan pertemuan sungai dihulu Cikeas dan Cileungsi dengan panjang 33 Km. Semua warga yang terdampak banjir disediakan tempat pengungsian di kantor Logistik dan Peralatan BNPB. Lokasi pengungsian berada tak jauh dari gerbang masuk perumahan.

Evakuasi Warga Perumahan Perum Pondk Gede Jati Asih Bekasi

Beberapa perumahan yang terdampak banjir di daerah bekasi dengan tinggi air yang menggenang bervariatif antara 40 sentimeter hingga 190 sentimeter antara lain

  • Villa Nusa Indah
  • Kemang Ifi
  • Pondok Mitra Lestari
  • Pondok Gede Permai
  • Vila Jatirasa
  • dan pemukiman lainnya disekitar sungai bekasi

Berikut rincian sebaran 22 titik banjir di delapan kecamatan Kota Bekasi pada berbagai perumahan:

Kecamatan Rawa Lumbu

  • Perumahan PHP : genangan 60-120 cm
  • Perumahan Bumi Bekasi Baru: genangan antara 50-90 cm
  • Area depan Yonif 202 : genangan 30 cm
  • Taman Narogong Indah : genangan 60-150 cm
  • Area depan SMA 13 Bekasi : genangan 10-15 cm

Kecamatan Mustika Jaya : Perumahan Mutiara Gading Timur: genangan 70-80 cm

Kecamatan Pondok Gede

  • Perumahan Jatibening Permai : genangan kurang lebih 130 cm
  • Perumahan Sari Gaperi RW 06 : genangan kurang lebih 60 cm

Kecamatan Medan Satria: Kelurahan Kalibaru: genangan kurang lebih 30 cm

Kecamatan Jati Asih

  • Perumahan Nasio Indah: genangan 10 cm
  • Perumahan Sari Gaperi: genangan 60 cm
  • Perumahan Dosen IKIP: genangan 80-120 cm

Kecamatan Bekasi Selatan

  • Kelurahan Jakasetia: genangan 10-30 cm
  • RW05 Kelurahan Marga Jaya: genangan 20-50 cm

Kecamatan Bekasi Timur : Perumahan Duren Jaya RT07/RW12: genangan 40-60 cm

Kecamatan Bekasi Barat

  • Pondok Cipta
    RT01 sampai 07/RW011 Kelurahan Bintara: genangan 50 cm
    RT03,04,05: genangan sudah masuk ke dalam rumah
    RT06/RW06: genangan 50-60 cm
  • Duta Kranji: genangan 40-50 cm
  • Jaka Sampurna Perumahan Satu Jalan. Mawar RW 08: genangan 20 cm
  • Puri Bintara: genangan 50 cm
  • Perumahan Mas Naga Kelurahan Bintara Jaya: genangan 50-70 cm
  • Jalan Binatara depan POM bensin: genangan 40 cm
  • TMA kali di Bumi Satria Kencana: genangan 120 cm

Cikarang

Perumahan Mekarmukti Cikarang
Selain melanda Jakarta, banjir juga melanda banyak perumahan baru di kawasan Cikarang. Salah satu kawasan yang terendam banjir cukup tingga adalah Jalan Kasuari V, RT 03 RW 07, Desa Mekarmukti, Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Banjir hingga membuat mobil warga terendam.

Banjir Melanda Perumahan Mekarmukti Cikarang Utara

Salah seorang warga setempat bernama Diana, mengatakan hujan mengguyur wilayah setempat sejak dini hari. Saat subuh, dia mengaku kaget karena situasi banjir karena belum pernah terjadi sebelumnya. Namun ia beruntung karena dapat mengungsi ke lantai 2.